Pengertian Destination Net Unreachable pada Ping CMD

TentangBerbagi.eu.org - Apa itu destination net unreachable serta pengertian dan bagaimana cara mengatasinya.

Ping merupakan sebuah utility yang wajib kalian gunakan apabila kalian sedang melakukan maintenance sebuah jaringan baik skala kecil hingga skala besar. Adapun hasil atau respond dari ping bermacam-macam, contohnya seperti Request Timed Out yang sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya dan juga respond berupa Destination Network Unreachable.

Namun pada pembahasan artikel kali ini, yaitu kita akan membahas apa sih Destination Net Unreachable pada Ping CMD atau terminal linux? Apa maksud dari tampilan ping Destination Network Unreachable? Apa saja sebab dan akibat yang akan terjadi kalau menampilkan hasil tersebut. Kali ini TentangBerbagi akan membahasnya secara tuntas ya Sobat! 

Pengertian Destination Net Unreachable

Apa itu Destination Net Unreachable? Yaitu merupakan suatu output atau hasil dari Ping ketika sebuah Router tidak ada rute atau routing ke tujuan paket tersebut. Maksudnya paket yang ditransitkan ke suatu Router, dan Router membaca paket tersebut namun router melihat tidak ada routing table pada dirinya dengan paket tujuan tersebut sehingga terdapatlah respond dari router contohnya seperti "Reply from 192.168.1.1: Destination net unreachable.

Maksud dari respond itu sendiri berarti router tidak mempunyai rute tujuan dari paket yang kita kirimkan (transit) ke si router. Sehingga router akan mengambil langkah yaitu dengan melakukan drop atau membuang paket yang kita berikan ke si router. 

Pengujian Destination Net Unreachable

Pada pengujian kali ini TentangBerbagi akan melakukan pengujian di Virtual GNS3 yang mana terdapat 2 buah perangkat yaitu 1 end devices (komputer Client Windows 7) dan 1 buah Router Mikrotik. Komputer client Windows memiliki IP address yaitu "192.168.1.2" dengan gateway dari Router Mikrotik yaitu "192.168.1.1" dan adapun Mikrotik hanya memiliki tabel routing dengan tujuan dst-address=192.168.1.0/24. 

Untuk pengujiannya, Komputer Windows akan melakukan ping ke tujuan dns server google yaitu "8.8.8.8". Adapun hasil dari pengujiannya sebagai berikut:

Hasil Ping Destination Net Unreachable

Hasil di atas menunjukkan bahwa Router tidak dapat meneruskan paket yang dikirimkan oleh Komputer Client Windows dikarenakan Router tidak mempunyai rute dari tujuan si paket tersebut, sehingga router akan melakukan respond ke Komputer client Windows dengan pesan "Reply from 192.168.1.1: Destination net unreachable."

Baca Juga: Pengertian Gateway pada Jaringan Komputer

Hal tersebut dikarenakan ketika Router membaca paket yang dikirimkan oleh Komputer client windows, Router tidak dapat meneruskannya karena tidak memiliki routing dengan tujuan paket tersebut. Kalian dapat melihat langsung gambar di bawah ini bahwa router memang tidak ada rute (routing) dengan tujuan paket tersebut. 

Rute Routing Table Mikrotik

Kesimpulan

Jadi, ketika kalian melakukan ping dan mendapatkan respond atau hasil berupa Destination Net Unreachable. Maka dapat disimpulkan Router tidak memiliki rute (routing) dengan tujuan paket yang akan kita kirimkan. Itulah pengertian singkat mengenai Destination Net Unreachable pada hasil Ping CMD dan terminal Linux ya Sobat Berbagi! 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url