Pengertian Mikrotik dan Beserta Jenisnya

Pengertian Mikrotik dan Beserta Jenisnya - Pada masa teknologi digital yang berkembang pesat saat ini, penggunaan internet merupakan hal yang sudah biasa digunakan oleh khalayak umum seperti kegiatan belajar mengajar, hiburan dan lainnya. Internet juga sudah menjadi keharusan bagi institusi pendidikan atau perusahaan agar tidak tertinggalnya informasi. 
 
Router merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang berguna untuk menghubungkan sebuah perangkat yang terhubung pada jaringan lokal seperti rumah atau kantor ke dalam jaringan internet. Salah satu router yang memiliki performa dan fungsi yang kompleks yaitu Routerboard Mikrotik. Namun sebaiknya, kalian harus mengetahui apa itu Mikrotik? Beserta jenis dari Mikrotik itu sendiri. Lansung saja simak ulasan berikut ini:
 

Pengertian Mikrotik

Mikrotik merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux base yang menjadikan sebuah komputer menjadi network router yang handal dengan fitur yang kompleks sebagai network router seperti routing dan gateway. Mikrotik didesain agar dapat digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer salah satunya seperti merancang dan membangun sebuah jaringan komputer baik untuk skala kecil hingga besar.

Jenis-jenis Mikrotik

Berdasarkan bentuk hardware dan software, mikrotik dibedakan menjadi 2 jenis yaitu sebagai berikut:

1. Mikrotik RouterOS™

mikrotik routeros
Mikrotik RouterOS

Merupakan mikrotik versi perangkat lunak yang dapat diinstall pada komputer menggunakan disk DVD atau flashdisk yang sebelumnya sudah melakukan tahapan burn Image. File image mikrotik dapat diunduh lansung melalui website resmi mikrotik yang beralamat domain https://mikrotik.com

2. Mikrotik RouterBoard™

mikrotik routerboard
RouterBoard 941-2nd

Merupakan Mikrotik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal  Mikrotik Router Operating System.
 
Semoga dengan membaca artikel pengertian Mikrotik ini wawasan kalian semakin bertambah dan bermanfaat pastinya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url