Mencegah Sharing Koneksi Internet Menggunakan Mikrotik

Penggunaan internet di zaman teknologi ini seakan sudah menjadi keharusan, apalagi di masa terdampaknya wabah covid-19 yang mana hampir setiap sekolah dan perkantoran sudah menerapkan video conference. Koneksi jaringan Hotspot wireless bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat paket data. 

Namun terkadang, ada saja segelintir orang yang melakukan kecurangan misalnya seseorang yang membeli voucher hotspot dengan 1 akun, namun orang tersebut melakukan sharing koneksi lagi dengan menggunakan router atau menggunakan hp android yang sudah support melakukan tethering. Tentu saja hal ini dapat merugikan pihak layanan WiFi voucher tersebut. 

Karena permasalahan tersebut pasti akan timbul pertanyaan, bagaimana cara mengatasi atau mencegah sharing koneksi? Oleh karena itu kami akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi dan membatasi sharing koneksi WiFi internet menggunakan mikrotik. Pada tutorial kali ini router mikrotik akan mengubah nilai dari Time to Live (TTL) yang bertujuan agar koneksi internet tidak dapat lagi dibagikan ke perangkat lain seperti router atau access point yang lain.

mengatasi sharing koneksi internet mikrotik
Sumber: Citraweb

Konfigurasi

Untuk melakukan konfigurasi pada mikrotik cukup mudah dengan menggunakan fitur firewall mangle dan firewall address list (untuk penandaan IP address Client).

Langkah 1 : Tambahkan Firewall Address List

Konfigurasi ini berfungsi untuk melakukan penandaan IP address client dengan mengakses menu : IP -> Firewall -> Address List

firewall address list mikrotik
Firewall Address List

Keterangan Gambar:
  • Name      : client (nama dari address list, terserah)
  • Address  : Alamat IP address komputer/client

Langkah 2 : Konfigurasi Firewall Mangle

Langkah selanjutnya dengan melakukan konfigurasi pada firewall mangle mikrotik, fungsinya untuk menandai paket yang akan kembali dan melakukan pengubahan nilai Time to Live pada header paket data tersebut dengan mengakses menu : IP -> Firewall -> Mangle
change ttl mikrotik
Change TTL

Pengujian

Untuk mengetahui apakah konfigurasi yang dilakukan berhasil, kami melakukan pengujian dengan cara ping ke tujuan website tentangberbagi.eu.org, hasilnya sharing koneksi tersebut tidak dapat berjalan alias konfigurasi yang kita lakukan berhasil.

ping ttl
Hasil Ping

Kesimpulan

Nah, dengan ini sekarang kalian tidak perlu takut lagi apabila ada client yang berlangganan voucher internet melakukan tethering koneksi lagi. Semoga dengan adanya artikel ini membawa manfaat bagi pembaca dan penulis sendiri.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url