Cara Memblokir Windows Update di Mikrotik

Tutorial Cara Blokir Windows Update pada Mikrotik - Kali ini TentangBerbagi akan memberikan tutorial bagaimana cara menghentikan atau memblokir pembaruan di sistem operasi Windows atau biasa yang kita kenal dengan Windows Update menggunakan Mikrotik. 

Kalau kalian mengikuti tutorial ini, kalian tidak akan mendapatkan pembaruan otomatis Windows. Tutorial ini juga memblokir semua koneksi Pembaruan Windows. Bahkan kalau kalian mencoba melakukan pembaruan/update secara manual, itu juga tidak bisa karena tujuan server Windows akan diblokir.

Script Blokir Windows Update di Mikrotik

Adapun untuk melakukannya, kalian hanya tinggal perlu menyalin script ini ke Mikrotik kalian. Gunakanlah winbox untuk mempermudah penyalinan:
/ip firewall raw
add action=drop chain=prerouting protocol=tcp tls-host=*windowsupdate.com* comment=”Rules Blokir Windows Update”
add action=drop chain=prerouting protocol=tcp tls-host=*update.microsoft.com*
add action=drop chain=prerouting protocol=tcp tls-host=*windowsupdate.microsoft.com*
add action=drop chain=prerouting protocol=tcp tls-host=*ntservicepack.microsoft.com*

Pengujian:

Jika kalian mengklik "Periksa Pembaruan / Check For Update" atau Windows melakukan pembaruan otomatis, rules blokir di Mikrotik otomatis akan berjalan dan pembaruan Windows nantinya tidak akan berjalan lagi, ibarat seperti kalian tidak ada koneksi internet.

Cara Memblokir Windows Update di Mikrotik - naufalprojects

Kesimpulan

Itulah tutorial bagaimana cara blokir Windows Update menggunakan Mikrotik ya Sobat Berbagi. Nantikan Tutorial lainnya di TentangBerbagi.eu.org untuk melihat informasi terupdate seputar tutorial teknologi, jaringan, android.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url