Apa itu Kabel Fiber Optic (FO) pada Jaringan Komputer?

Pengertian Kabel Fiber Optik - Jaringan komputer memiliki beberapa komponen pendukung seperti komputer host/pengguna, server, switch, dan kabel untuk menghubungkan dan mentransfer data. Sampai saat ini, ada beberapa jenis kabel yang biasa digunakan dalam instalasi jaringan komputer, antara lain seperti kabel Twisted (UTP dan STP) serta kabel Coaxial.

Untuk dua jenis kabel ini, ini mungkin yang paling umum dari dulu hingga sekarang. Namun seiring berjalannya waktu, orang menginginkan akses yang lebih cepat untuk kemampuan transfer data yang lebih maksimal serta kabel yang mampu menghandle jarak yang cukup jauh hingga ribuan kilometer. Dalam implementasinya, kabel twisted dan Coaxial sudah cukup memenuhi kriteria, namun tentunya dibutuhkan inovasi terbaru dengan berbagai keunggulan. Akses cepat di jaringan seharusnya paling diminati, terutama saat berselancar di internet. Inilah di balik munculnya kabel serat optik (fiber optic), yang dengan cepat menyebar hampir ke seluruh nusantara hingga saat ini.

Oleh karena itu, kita akan bahas Apa itu Kabel Fiber Optic atau FO dan beserta fungsi dan keunggulannya dibandingkan dengan kabel lain.

Pengertian Kabel Fiber Optic Beserta Fungsinya

Berikut kami jabarkan pengertian kabel Fiber Optic, fungsi, kelebihan dan kekurangan serta cara kerja dari Fiber Optic:

Pengertian Kabel Fiber Optic

Pengertian Fiber Optic

Tidak seperti kabel lain yang membawa listrik, kabel serat optik adalah jenis kabel yang  mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mentransmisikannya dari satu titik ke titik lain. Bahan utama untuk jenis kabel serat optik ini adalah serat optik dan plastik yang sangat halus, yang bahkan lebih tipis dari rambut manusia. Berbeda dengan kabel lain yang menggunakan tembaga. 

Baca Juga: Pengertian Kabel UTP

Ada dua jenis mode transmisi yakni mode tunggal (Single Mode), yang menggunakan sinar laser sebagai media transmisi, dan multi-mode, yang menggunakan media LED. Jenis kabel serat optik ini biasanya lebih umum digunakan pada peralatan jaringan kelas menengah hingga kelas atas.

Fungsi Fiber Optic

Fungsi Fiber Optic

Pada dasarnya kabel serat optik atau fiber optic memiliki fungsi yang sama dengan jenis kabel lainnya, yaitu menghubungkan  komputer atau pengguna satu sama lain dalam area jaringan tertentu.

Perbedaannya adalah kecepatan akses lebih cepat dan data dapat ditransfer lebih cepat. Hal ini dikarenakan kecepatan transmisi data bisa mencapai kisaran gigabit/detik. Selain itu, karena jenis kabel ini tidak menghantarkan listrik, maka tidak terpengaruh oleh interferensi elektromagnetik dan dapat digunakan secara stabil. 

Tapi tentu saja, kalian harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk menggunakan infrastruktur kabel fiber optic ini. Oleh karena itu, tidak ada yang menggunakan kabel jenis ini apabila instalasi jaringannya hanya seputar kantor atau SOHO. Namun perusahaan dan operator besar biasanya lebih memilih kabel serat optik atau fiber optic ini.

Baca Juga: Pengertian Switch Pada Jaringan Komputer

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optic

Walaupun Fiber Optic memiliki lebih banyak keunggulan daripada jenis kabel lainnya, tetapi tidak berarti bahwa kabel serat optik atau fiber optic ini tidak luput dari kekurangan. Berikut ini akan kami jabarkan apa saja kelebihan dan kekurangan dari kabel fiber optik:

Kelebihan Fiber Optic

  1. Jenis kabel serat optik ini memiliki kemampuan untuk mengirimkan data dalam jumlah besar dan kemampuan jarak kabel yang sangat jauh serta kapasitas pengiriman data hingga gigabyte per detik.
  2. Meski memiliki beberapa keunggulan dibanding kabel yang lain, namun bentuk fisik kabel fiber optic ini lebih kecil dibandingkan jenis kabel lainnya karena bahannya terbuat dari fiber glass (serat kaca) dan plastik.
  3. Karena kabel Fiber Optic tidak menggunakan daya (arus) listrik, kabel ini terbebas dari interferensi (gangguan) sinyal elektromagnetik atau nirkabel (wireless).
  4. Ketahanan kabel yang cukup baik dibandingkan dengan kabel lainnya, sehingga tak jarang kabel jenis ini sangat banyak digunakan pada perusahaan provider internet.
  5. Kecepatan akses yang cepat serta kehilangan data yang sangat kecil, jadi kalian tidak perlu khawatir akan terjadinya kehilangan data saat ditransmisikan.
  6. Karena kabel fiber optik ini tidak menggunakan daya listrik, maka tidak akan terjadinya korsletting atau arus pendek sehingga lebih aman untuk digunakan.

Kekurangan Fiber Optik

  1. Salah satu kekurangan yang paling mencolok dari kabel fiber optik adalah harganya yang sangat mahal. Hal ini sangat wajar mengingat bahan yang digunakan dan pemasangannya yang membutuhkan keahlian khusus serta alat instalasi kabel Fiber Optic seperti splicer yang tergolong cukup mahal. Pengguna kabel jenis ini tidak sembarangan, melainkan perusahaan dan penyedia jasa telekomunikasi (ISP) yang sangat menginginkan akses yang lebih cepat untuk pelanggannya.
  2. Tidak hanya mahal untuk dipasang pada saat pemasangan, tetapi alat yang digunakan tidak murah, sehingga perawatan fiber juga sangat mahal.
  3. Perhatikan juga peletakan kabel serat optik. Kabel serat optik diletakkan di sepanjang jalur melengkung untuk memastikan bahwa proses gelombang berjalan lancar atau tidak terhalang.

Cara Kerja Kabel Fiber Optic

Cara Kerja Fiber Optic

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kabel fiber optik tidak menghantarkan listrik, melainkan cahaya. Listrik yang dihasilkan diubah menjadi sinyal optic yang melewati antara komputer yang terhubung ke jaringan. Hal ini membuat kabel serat optic sangat cocok digunakan di daerah dengan interferensi elektromagnetik yang tinggi.

Panjang kabel sering menjadi kendala karena keterbatasan panjang seperti kabel tembaga dan coaxial yang memiliki panjang tidak lebih dari 1 KM, tetapi tidak dengan kabel Fiber Optic. Kabel ini memiliki panjang maksimal hinggal 10.000 meter atau 10 KM. metode kerja kabel ini menggunakan cermin untuk menghasilkan refleksi internal total, atau biasanya refleksi internal total, pada serat optik. 

Itulah pengertian dan definisi kabel Fiber Optic agar kalian lebih mengetahui juga bagaimana cara kerja serta kelebihan dan kekurangan dari kabel fiber optik ini ya Sobat Berbagi!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url