Mengatasi Tanggal dan Jam yang Tidak Terupdate atau Berubah di Komputer dan Laptop

Cara Mengatasi Jam dan tanggal yang Tidak Sinkron atau Berubah di Komputer Windows - Jam merupakan suatu hal yang penting untuk menandakan waktu saat ini. Namun pada komputer, jam dan tanggal bukan hanya digunakan untuk melihat waktu saja, namun juga untuk menyinkronkan waktu laptop atau komputer kita ke server web dan server akan merespon sesuai waktu (tanggal, tahun,  jam) yang kita kirimkan ke server sebelumnya. 

Namun apabila jam, tanggal serta tahun yang kita kirimkan ke server berbeda dengan waktu saat ini, maka otomatis aktifitas browsing pada komputer kita akan terganggu dengan munculnya peringatan untrust site dan server juga tidak akan merespon.  

Karena itu TentangBerbagi akan memberikan tips dan tutorial bagaimana cara mengatasi tanggal, jam, tahun yang tidak sinkron atau berubah di komputer Windows.

Baca Juga: Cara Disable Update Windows 10 Permanen

Cara Mengatasi Waktu, Tanggal, Bulan yang Tidak Sinkron di Windows

Ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah waktu yang tidak update di Windows. Adapun cara tersebut sebagai berikut:

1. Sinkronkan Waktu Melalui Pengaturan Windows

Kalian dapat melakukan sinkronisasi waktu di Windows dengan cara pergi ke ujung Taskbar dan click tanggal atau jam di Windows kalian. Setelah itu click "Date and time settings" seperti gambar di bawah ini:

Taskbar Jam dan Tanggal

Otomatis akan muncul jendela baru, kalian scroll ke bawah dan click "Additional date, time, & regional settings" seperti gambar di bawah ini:

Mengatasi Jam Tidak Terupdate di Windows

Maka akan muncul sebuah jendela baru, kalian click "Date and Time" pilih menu "Internet Time" click "Change settings" lalu centang "Synchronize with an Internet time server" pilih server "time.windows.com" dan click "Update Nowsampai ada tulisan sukses di bawah lalu click "OK". 

Jam error di Windows 

Dengan cara ini dipastikan komputer kalian akan secara otomatis memperbarui waktu serta tanggal, asalkan komputer dan laptop windows kalian terhubung ke jaringan internet.

2. Mengganti Baterai CMOS yang Baru

Baterai CMOS 

Solusi terakhir apabila tanggal pada komputer dan laptop windows kalian juga tidak terupdate atau sinkron secara otomatis. Kemungkinan besar kalian perlu mengganti baterai CMOS di laptop atau komputer kalian ya Sobat. Karena seperti yang kita ketahui sendiri, baterai CMOS selain berfungsi untuk menyimpan konfigurasi pada BIOS, juga dapat menyimpan informasi waktu, tanggal, jam secara up to date walau perangkat kalian mati total loh Sobat!

Baca Juga: Cara Mempercepat Booting di Windows 10

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang tutorial bagaimana cara mengatasi tanggal serta jam yang tidak otomatis terupdate dan berubah di laptop atau komputer windows kalian! Jangan lupa pantengin terus website TentangBerbagi.eu.org untuk melihat informasi terupdate seputar teknologi lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url